5 Alasan Berolahraga untuk Jantung yang Sehat


Setiap kali Anda berolahraga, Anda memperkuat satu otot yang benar-benar tidak dapat dinegosiasikan untuk hidup yang bahagia dan sehat - hati Anda.

Faktanya, menurut Laporan Ahli Bedah Umum AS tentang Aktivitas Fisik dan Kesehatan , orang yang tidak aktif hampir dua kali lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung dibandingkan mereka yang lebih aktif. Fakta itu menempatkan dalam perspektif betapa pentingnya olahraga untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Tetapi bagaimana tepatnya aktivitas fisik teratur menjaga hati kita tetap sehat?

Berikut 5 alasan mengapa olahraga meningkatkan kesehatan jantung:

1. Olahraga menurunkan tekanan darah.
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia , olahraga aerobik adalah jenis aktivitas fisik terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Ini melibatkan gerakan berulang dan berirama dan menggunakan kelompok otot besar, seperti yang ada di kaki, bahu, dan lengan Anda. Pikirkan berenang, berjalan, jogging, atau menari.

2. Olahraga meningkatkan oksigenasi.
Latihan memperkuat otot, sehingga meningkatkan kemampuan mereka untuk mengambil oksigen dari darah yang bersirkulasi. Dengan cara ini, jantung bekerja lebih efisien untuk memompa darah ke otot.

3. Olahraga menjaga berat badan yang sehat.
Melalui olahraga, Anda membakar kalori. Latihan aerobik menciptakan defisit energi, sementara olahraga perlawanan meningkatkan massa otot. Ini, dikombinasikan dengan diet seimbang, akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan kadar kolesterol optimal.

4. Olahraga mengurangi stres.
Menjadi tegang karena stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Berolahraga meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri, yang pada gilirannya membantu untuk mengelola stres.

5. Olahraga meningkatkan kolesterol HDL.
High-density lipoproteins (HDL), juga dikenal sebagai kolesterol "baik" , membersihkan arteri dari kolesterol berlebih. Mereka memindahkan kelebihan itu ke hati di mana ia dimetabolisme. Ini mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti Jepang menemukan bahwa berolahraga setidaknya tiga hingga empat kali per minggu selama setidaknya 20 menit meningkatkan kadar HDL.

Memulai Jalan Anda Menuju Kesehatan Jantung
Ketika Anda mengambil langkah-langkah yang ada dalam kendali Anda, seperti berolahraga dan makan dengan benar, Anda merasakan manfaatnya dengan cukup cepat. Faktanya, setelah fokus pada program pelatihan kardio selama beberapa minggu, olahraga akan menjadi lebih mudah, dan tugas sehari-hari tidak akan membuat Anda kehabisan nafas dengan mudah.

Yang diperlukan hanyalah mengukir sekitar 150 menit seminggu untuk aktivitas aerobik intensitas sedang. Dengan kata lain, hanya 30 menit jalan cepat atau olahraga ringan per hari kerja akan memberikan keajaiban bagi jantung Anda. Kegiatan penguatan otot yang melibatkan kelompok otot besar juga dianjurkan setidaknya dua kali seminggu.

Jadi, ambillah hobi yang bermanfaat bagi jantung dan kesehatan Anda. Itu bisa berjalan, berlari, bersepeda, menari, berenang, dan benar - benar apa pun yang membuat detak jantung Anda berjalan. Semua itu dapat memiliki dampak positif pada kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan Anda sekarang dan di ujung jalan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.