Waktu Dan Olahraga Terbaik Saat Berpuasa - Nutrisi Diet

Waktu Dan Olahraga Terbaik Saat Berpuasa

Waktu Dan Olahraga Terbaik Saat Berpuasa

Fit Club Komunitas Herbalife Baturaja di Taman Kota Eks Lapangan Ahmad Yani Baturaja.
Fit Club Komunitas Herbalife Baturaja di Taman Kota Eks Lapangan Ahmad Yani Baturaja.
Akuntan Sehat, Herbalife Baturaja - Olahraga tetap diperlukan selama berpuasa untuk menjaga massa otot, stamina dan tingkat kebugaran tubuh kita. Tidak terbatas pada saat Ramadhan saja. Tetapi juga pada momen puasa-puasa lainnya, mungkin puasa Daud, Ayamul Bidh, Senin-Kamis, dan lain sebagainya.

Namun yang perlu diperhatikan dalam olahraga saat berpuasa adalah:
  1. Kebutuhan Energi, Masing-masing kita perlu mempelajari dan mengenali metabolisme kita sendiri untuk mengetahui waktu terbaik bagi kita untuk berolahraga saat berpuasa. Biasanya kita merasakan energi yang banyak saat berpuasa yaitu saat setelah sahur, dan di sore hari. Beberapa orang mungkin juga pada saat malam setelah tarawih.
  2. Tingkat Hidrasi, Perlu diperhatikan bahwa saat berpuasa sebaiknya kita menghindari olahraga kardio dengan intensitas tinggi, untuk menghindari tubuh kehilangan terlalu banyak cairan yang dapat berakibat pada dehidrasi.
  3. Recovery, Lakukan olahraga dengan tipe low impact agar tidak memberikan beban terlalu berat pada otot agar tubuh kita bisa segera melakukan recovery.
Saya dengan Nutrisi Herbalife merekomendasikan waktu-waktu dan tipe olahraga terbaik saat berpuasa sebagai berikut:
  1. Pagi setelah sahur, lakukan olahraga ringan seperti stretching (peregangan) dan jalan santai olahraga ini tergolong ringan (low impact) dan tidak membuat tubuh kehilangan terlalu banyak cairan.
  2. Sore hari menjelang berbuka, bersepeda atau jalan santai jika tubuh dirasakan kuat, mungkin bisa sekalian lari-larian sambil berburu makanan untuk berbuka. Pilihan waktu ini akan memberikan kesempatan tubuh untuk segera revocery karena telah dekat dengan waktu berbuka. Recovery dengan shake saat berbuka menjadi rekomendasi terbaik kami. Tapi tetap utamakan kurma ya.. 
  3. Malam hari setelah tarawih Anda bisa berenang atau pergi ke gym untuk melakukan olahraga dengan intensitas rendah. Jika ke gym, jangan mengangkat beban terlalu berat untuk menghindari kelelahan otot dan cidera, fokuslah pada latihan form dan perbaikan gerakan.
Namun tentu saja rekomendasi diatas tidaklah baku. Kenali kondisi tubuh masing-masing untuk menemukan pola olahraga dan waktu maksimal. 

Temen-temen bisa konsultasi sama coach-nya jika kesulitan ya. 

Karena masing-masing tubuh kita memiliki karakteristik dan kebutuhan kalori (BMR/Basal Metabolic Rate) yang berbeda-beda.

Video dibawah ini merupakan panduan olahraga sirkuit training bertipe low impact yang dapat teman-teman lakukan ketika berpuasa:


Cukup dilakukan 1 ronde atau disesuaikan dengan kondisi fisik teman-teman sekalian.

Video tersebut saya buat di kamar hotel, sebelum sarapan dalam sebuah perjalanan dinas dari kantor. 

Jadi sebenernya emang gak ada alasan untuk tidak olahraga ya. 

There's a will, there's a way

Sekian dulu sharing dari saya ya.. selamat beraktifitas. 

Jangan lupakan Niteworks sebelum tidur untuk recovery maksimal, sekalian melenturkan pembuluh darah dan membuang kolesterol dan lemak di aliran darah. 

Salam Sehat, Thank you Allah, Thank you Herbalife.