Penyebab Dan Solusi Diet Yoyo - Nutrisi Diet

Penyebab Dan Solusi Diet Yoyo

Penyebab Dan Solusi Diet Yoyo

Solusi dan penyebab efek yoyo saat menjalani program diet.
Solusi dan penyebab efek yoyo saat menjalani program diet.


Kemudian, yang sebagian pejuang diet alami adalah kembali naiknya bb saat selesai program atau malah naik turun atau biasa dikenal dengan diet yoyo. Bahasa kerennya, weight cycling.

Yoyo effect dapat ditimbulkan dari pola program yang tidak seimbang dan diet yang tidak dilakukan secara konsisten. Sehingga membuat metabolisme tubuh ikut-ikutan tidak konsisten, yang ujung-ujungnya, berat badan malah naik-turun. Ada yang mengalami hal ini?

Tubuh kita adalah sebuah survival machine yang dapat beradaptasi dengan pola diet yang kita jalani. Maka dari itu, ketika menjalani program, *Ojo ketumanan* (bener gak sih bahasanya?) jangan nakal, jangan bandel. Diet adalah perjuangan melawan diri sendiri dan membutuhkan komitmen pribadi.

Berikut ini adalah diagram yang munjukkan siklus diet yang menjadi penyebab yoyo:

Siklus diet Yoyo. Dokumentasi pribadi.
Siklus diet Yoyo. Dokumentasi pribadi.

Tanamkan mindset bahwa diet yang kita jalani adalah diet seimbang untuk hidup sehat yang kita jalani seumur hidup kita. Bukan hanya untuk mencapai angka timbangan tertentu. Langsing itu bonus!

Pasti semuanya pada pingin menua dengan sehat kan? Bukannya menua dengan membawa penyakit, bukan menua dengan tongkat, dengan diabetes dan stroke.

Lakukan diet secara konsisten selama 14 hari, 21 hari dan 90 hari untuk melihat progress secara maksimal. Boleh cheat meal (bukan cheat day) dan tetap sadar diri dengan tetap melakukan kontrol kalori dan input nutrisi (mikro dan makro).

Konsisten 21 hari akan menimbulkan kebiasaan dan muscle memories. Semakin konsisten, maka akan semakin mudah dan indah. Konsisten 90 hari maka akan menjadi gaya hidup atau cara hidup yang dapat dipertahankan sampai mati.

Salah satu sebab kenapa ketika diet kamu butuh mentor dan pendamping adalah agar program diet yang kamu jalankan jadi lebih terukur dan teratur.

Sekian sharing dari saya. Jika sakit berlanjut hubungi dokter, eh jika yoyo berlanjut, hubungi mentor. Ojo isin-isin.